About Me

My Photo
Hey ya'll, my pen name is nidina sarima and i'm now a 14 years old girl, look around my blog hope you all like it

Sunday, February 27, 2011

Mau Bebas! Mau Berkorban!

Dari sebagian besar remaja, umumnya menginginkan satu, yaitu KEBEBASAN. Seperti kebebasan berekspresi, kebebasan berbicara, kebebasan memilih cita-cita, kebebasan mmemilih keinginan.
Untuk tinggal bersama orangtua saat kecil, saat remaja pasti ingin nya semaunya, dan biasanya yang kurang mandiri dan disiplin akan lebih terkontrol oleh emosi diri sendiri. Contoh, ada yang berbohong ke orangtua hanya untuk hang out dengan teman nya, ada yang suka berantem atau tawuran, bahkan untuk orang yang extreme yang telah menumpuk stress bisa diam-diam memakai narkoba.

Begitulah remaja saking menginginkan kebebasan, mereka biasanya cuma ingin memuaskan keinginan diri sendiri yang mereka tumpuk dalam diri. Terkadang faktornya adalah faktor luar, dan faktor luar seperti pendidikan orangtua, lingkungan sekitarnya, dan teman dia bergaul. Itu semua bisa mempengaruhi karakternya dan juga keinginannya. faktor lain nya adalah negative thinking. Orangtua mendidik anaknya sejak kecil dengan larangan-larangan, dan anak yang hanya menangkap larangan nya saja tetapi tidak menangkap akibatnya dan niat abik orang tua, bisa menghasilkan negative thinking terhadap orangtua dan akan cenderung untuk melakukan seenaknya.

Karena itu, menurutku mental kita yang paling lemah dan liar pada saat remaja. tetapi akan ku kasih  tips-tips mendapat kebebasan tanpa akibat negative.

1. Mencapai antisipasi orangtua
orangtua ingin sekali sukses, dan mencapai antisipasi mereka. Ada yang punya motif baik, ada yang buruk, dan yang bisa tau itu adalah anaknya. Asal kalian dapat menggapai antisipasi mereka, kalian melakukan apapun asal tidak melakukan hal tidak baik akan diperbolehkan. dan tentu saja dalam kategori bakat, latihlah dari kecil, cari ilmu dan kembangkan bakat mu, tapi bakat itu harus juga jadi minat mu jika ingin dikembang, Jangan lupa, bertemanlah dengan ortu kalian agar mereka tau bakat minat mu apa, tidak memaksa banyak dan support kamu, jika tidak support, tetap latihan walupun secara diam-diam dan buktikanlah, bakat mu dapat mencari nafkah.
Dan untuk kategori belajar, untuk semua pelajar itu wajib, jika kalian islam pasti pernah dengar pepatah kata ini yang dibilang nabi Muhammad, "Carilah ilmu sampai ke negeri Cina" Dan taukah kamu? ada 2 orang yang tidak punya ilmu cukup, dan tanpa sepengetahuan mereka, mereka merokok daun di pinggir jalanan yang sebenarnya mengandung racun dan mati! Karena itu, ilmu itu wajib dipelajari, janganlah malas belajar atau lo akan MATI. Carilah cara belajar yang mudah untuk mu menanggapi pelajaran, dan tidak perlulah dapat nilai bagus, kalau bisa usahakanlah mendapat nilai antisipasi orangtua mu.

2. Think Positive!
Think Positive! pikirlah positif. Banyak yang telah capek mendengar aturan dan larangan yang sama setiap hari di rumah, dan kalian pasti pikir seperti ini atau mirip sepreti ini, "Ahg, berisik, males tau, bosen dengarnya setiap hari!" yakh, tapi tenang aja, think positive! kenapa menurut mu, orang tua kalian mengatakan seperti itu? ya untuk kebaikan mu lah, kalo mereka cuek ama mu berati gak sayang ama mu. Ya pikir juga, kalo gak amu diomelin, jalanin dong, rumah ortu lo, aturan ortu lo, kalau rumah lo, aturan lo, dan rumah lo pakai nafkah lo!
Dan kadang Ortu lo maksa untuk mengikuti hal-hal yang kalian tidak suka, tenanglah Think Positive! gw mungkin tidak tau jika ortu seperti itu melakukan buat mu atau diri sendiri, tetapi coba pikir-pikir, ortu lo pasti ingin kalian sukses, kadang pasti takut kalo lo menggapi cita-cita yang kemungkinan sulit digapai makanya ortu lo gak support lo dengan cita-cita lo. Tapi jangan lah menyerah, kalo keinginan menggapai cita-cita mu kuat, hilangkan semua halangan walau halangan itu ortu lo sendiri. pokoknya think postive aja deh

3. Mana yang Salah?
Do good, and you'll get good. siapa yg tau pepatah kata itu? gw gak tau itu benar tapi aku tau satu ini, Do bad, and you'll get bad, itu benar sekali. Salah satu faktor dari negative impact keinginan kebebasan adalah melakukan semaunya di sekolah atau di rumah mengakibatkan omelan dari guru atau orangtua, danp pasti kesal dengan mereka. Tapi pikir dahulu! Sebab jangan salahkan meraka dulu, pikir dulu kita salah atau tidak? kalo berbohong ama orangtua, tidak sopan atau tidak memperhatikan guru tentu diomelin, jadi janganlah salahin orang lain tanpa sadar diri.

4. I HATE MY PARENTS! OR DO I?
pernah berpikir sampai sekarang? aku kesal ama papa, aku benci ibu, keluarga gw menyebalkan, kalo bercanda masih bisa dimaafin, kalo lo serius, itu bisa jadi doa, dan saat mereka tidak ada, lo nya yang susah. Pikirlah dulu, siapa yang cari nafkah buatmu, siapa yang ngerawat dan mmenyusui mu dari bayi, siapa yang ngomelin mu jika bersalah, ayo jawab SIAPA! tentu orangtua mu, jadi jangan ampe pikir lo benci ortu kalian sendiri. Mungkin ada yang ortu yang kurang baik, tapi ortu ada macam2 di dunia, dan kita harus belajar, jika kita salah ortu kita yang tegur, tapi jika ortu kita yang salah maka kita yang tegur. Karna itulah janganlah benci orangtua mu, mungkin ada ibu atau ayah yang tdk ingin mengurus anaknya, tapi anaknya tetap harus menjaga orangtuanya, karna fakta mengatakan ibu itulah ibu mu, jadi bersyukurlah padanya untuk telah melahirkan mu ke dunia ini.

jadi memang banyak pikir, dan kadang bisa banyak usaha, tapi kebebasan bukan hal mudah untuk didapat, kalo mudah dari dulu indonesia uda merdeka kaleee. tanpa perkorbanan kebebasan adalah hal yang jauh untuk didapat, dan walau akan menyebal kan, dijamin akan akan dad positive impact deh :)

No comments:

Post a Comment